Promosi merupakan komunikasi oleh
pemasar yang menginformasikan dan mengingatkan calon pembeli mengenai sebuah
produk untuk mempengaruhi suatu pendapat atau memperoleh suatu respons (Lamb,
2001:146). Kegiatan promosi dimulai dari perencanaan, implementasi, dan
pengendalian komunikasi untuk menjangkau target pasar.
Menurut Philip Kotler, ada beberapa
jenis kegiatan promosi yang sering disebut juga bauran promosi (promotion mix),
yaitu:
Periklanan (advertising)
Periklanan adalah berbagai bentuk
presentasi dan promosi non-pribadi yang dibayar mengenai gagasan, barang, atau
jasa yang oleh sponsor yang teridentifikasi (Kotler, 2004 : 639). Sedangkan
tujuan periklanan adalah tugas komunikasi tertentu yang harus dilakukan
terhadap khalayak sasaran tertentu spesifik selama periode waktu tertentu.
Promosi Penjualan (sales promotion)
Promosi penjualan terdiri dari
insentif jangka pendek untuk mendorong pembelian atau penjualan dari produk
atau jasa (Kotler, 2004: 660). Bila pemasangan iklan dan penjualan pribadi
menawarkan alasan-alasan untuk membeli produk atau jasa tertentu, promosi
penjualan menawarkan alasan untuk membeli sekarang. Secara umum, promosi
penjualan harus menciptakan hubungan dengan konsumen, bukan hanya menciptakan
penjualan jangka pendek saja, atau pergantian merek secara temporer saja.
Promosi penjualan harus membantu memperkuat posisi produk dan menciptakan
keterkaitan jangka panjang dengan konsumen.
Hubungan Masyarakat (public
relation)
Hubungan masyarakat merupakan alat
promosi massal dengan memupuk hubungan baik dengan berbagai publik perusahaan
dengan memeroleh publisitas yang menguntungkan, membentuk citra koperasi yang
bagus, dan menangani atau menghilangkan rumor, cerita, dan peristiwa yang tidak
menguntungkan (Kotler, 2004 : 668).
Salah satu alat hubungan masyarakat
yang utama adalah berita (news). Para humas profesional menemukan atau
menciptakan berita yang menguntungkan tentang perusahaan, produknya atau
orangnya. Kadang-kadang berita terjadi secara alami, dan kadang orang humas
dapat menganjurkan dilaksanakannya event atau kegiatan yang dapat menciptakan
berita. Pidato (speeches) dapat juga menciptakan publisitas produk dan
perusahaan.
Penjualan Pribadi (personal selling)
Penjualan pribadi merupakan suatu
situasi pembelian di mana dua orang melakukan komunikasi dalam upaya untuk
mempengaruhi satu sama lainnya (Lamb, 2001:146). Kedua unsur ini, baik pembeli
maupun penjual memiliki tujuan yang khusus yang ingin mereka capai. Gagasan
paling akhir pada subjek dari penjualan pribadi menekankan pada hubungan yang
berkembang antara seorang tenaga penjual dan seorang pembeli.
Pemasaran Langsung
Pemasaran langsung (direct
marketing) adalah sistem pemasaran yang bersifat interaktif, yang memanfaatkan
satu atau beberapa media iklan untuk menimbulkan respon yang terukur dan atau
transaksi di sembarang lokasi (Tjiptono, 1997:232). Dalam direct marketing,
komunikasi promosi ditujukan langsung kepada konsunen individual, baik melalui
telepon, pos, atau dengan datang langsung ke tempat pemasar.
Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.
BalasHapuspromosi sangat diperlukan untuk mencari konsumen
BalasHapuspromosi merupakan proses pengenalan suatu produk ke konsumen
BalasHapusdengan adanya promosi bisa mempermudah perusahaan
BalasHapuspromosi merupakan komunikasi antara pemasar kepada konsumen
BalasHapustujuan promosi agar masyarakat mengetahui suatu produk baru
BalasHapuspromosi adalah suatu cara memperkenalkan produk kepada masyarakat ( Konsumen )
BalasHapuspromosi bertujuan agar konsumen mengetahui produk kita,
BalasHapusjika perusahaan ingin produk nya dikenal konumen dengan melakukan promosi dengan baik, kreatif,manrik maka minat konsumen terhadap produk tersebut akan meningkat.dengan catatan tidak melupakan kualiats
BalasHapuspromosi sangat penting agar konsumen dapet membeli produk tersebut
BalasHapusPromosi merupakan kegiatan terpenting, yang
BalasHapusberperan aktif dalam memperkenalkan, memberitahukan
dan mengingatkan kembali manfaat suatu produk agar
mendorong konsumen unluk membeli produk yang
dipromosikan tersebut.
Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial.
BalasHapus