Jumat, 27 Januari 2012

Promosi (promotion)




Promosi merupakan komunikasi oleh pemasar yang menginformasikan dan mengingatkan calon pembeli mengenai sebuah produk untuk mempengaruhi suatu pendapat atau memperoleh suatu respons (Lamb, 2001:146). Kegiatan promosi dimulai dari perencanaan, implementasi, dan pengendalian komunikasi untuk menjangkau target pasar. 
Menurut Philip Kotler, ada beberapa jenis kegiatan promosi yang sering disebut juga bauran promosi (promotion mix), yaitu:
Periklanan (advertising)
Periklanan adalah berbagai bentuk presentasi dan promosi non-pribadi yang dibayar mengenai gagasan, barang, atau jasa yang oleh sponsor yang teridentifikasi (Kotler, 2004 : 639). Sedangkan tujuan periklanan adalah tugas komunikasi tertentu yang harus dilakukan terhadap khalayak sasaran tertentu spesifik selama periode waktu tertentu.
Promosi Penjualan (sales promotion)
Promosi penjualan terdiri dari insentif jangka pendek untuk mendorong pembelian atau penjualan dari produk atau jasa (Kotler, 2004: 660). Bila pemasangan iklan dan penjualan pribadi menawarkan alasan-alasan untuk membeli produk atau jasa tertentu, promosi penjualan menawarkan alasan untuk membeli sekarang. Secara umum, promosi penjualan harus menciptakan hubungan dengan konsumen, bukan hanya menciptakan penjualan jangka pendek saja, atau pergantian merek secara temporer saja. Promosi penjualan harus membantu memperkuat posisi produk dan menciptakan keterkaitan jangka panjang dengan konsumen.
Hubungan Masyarakat (public relation)
Hubungan masyarakat merupakan alat promosi massal dengan memupuk hubungan baik dengan berbagai publik perusahaan dengan memeroleh publisitas yang menguntungkan, membentuk citra koperasi yang bagus, dan menangani atau menghilangkan rumor, cerita, dan peristiwa yang tidak menguntungkan (Kotler, 2004 : 668).
Salah satu alat hubungan masyarakat yang utama adalah berita (news). Para humas profesional menemukan atau menciptakan berita yang menguntungkan tentang perusahaan, produknya atau orangnya. Kadang-kadang berita terjadi secara alami, dan kadang orang humas dapat menganjurkan dilaksanakannya event atau kegiatan yang dapat menciptakan berita. Pidato (speeches) dapat juga menciptakan publisitas produk dan perusahaan.
Penjualan Pribadi (personal selling)
Penjualan pribadi merupakan suatu situasi pembelian di mana dua orang melakukan komunikasi dalam upaya untuk mempengaruhi satu sama lainnya (Lamb, 2001:146). Kedua unsur ini, baik pembeli maupun penjual memiliki tujuan yang khusus yang ingin mereka capai. Gagasan paling akhir pada subjek dari penjualan pribadi menekankan pada hubungan yang berkembang antara seorang tenaga penjual dan seorang pembeli.
Pemasaran Langsung 
Pemasaran langsung (direct marketing) adalah sistem pemasaran yang bersifat interaktif, yang memanfaatkan satu atau beberapa media iklan untuk menimbulkan respon yang terukur dan atau transaksi di sembarang lokasi (Tjiptono, 1997:232). Dalam direct marketing, komunikasi promosi ditujukan langsung kepada konsunen individual, baik melalui telepon, pos, atau dengan datang langsung ke tempat pemasar.

12 komentar:

  1. Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.

    BalasHapus
  2. promosi sangat diperlukan untuk mencari konsumen

    BalasHapus
  3. promosi merupakan proses pengenalan suatu produk ke konsumen

    BalasHapus
  4. dengan adanya promosi bisa mempermudah perusahaan

    BalasHapus
  5. promosi merupakan komunikasi antara pemasar kepada konsumen

    BalasHapus
  6. tujuan promosi agar masyarakat mengetahui suatu produk baru

    BalasHapus
  7. promosi adalah suatu cara memperkenalkan produk kepada masyarakat ( Konsumen )

    BalasHapus
  8. promosi bertujuan agar konsumen mengetahui produk kita,

    BalasHapus
  9. jika perusahaan ingin produk nya dikenal konumen dengan melakukan promosi dengan baik, kreatif,manrik maka minat konsumen terhadap produk tersebut akan meningkat.dengan catatan tidak melupakan kualiats

    BalasHapus
  10. promosi sangat penting agar konsumen dapet membeli produk tersebut

    BalasHapus
  11. Promosi merupakan kegiatan terpenting, yang
    berperan aktif dalam memperkenalkan, memberitahukan
    dan mengingatkan kembali manfaat suatu produk agar
    mendorong konsumen unluk membeli produk yang
    dipromosikan tersebut.

    BalasHapus
  12. Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial.

    BalasHapus